Sosialisasi Pentingnya Desain Kemasan terhadap Peningkatan Nilai Jual Produk Pangan

Authors

  • A. Hermina Julyaningsih Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo
  • Irmayani Irmayani Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo
  • Ibnu Mansyur Hamdani Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

DOI:

https://doi.org/10.59563/singkerru.v3i2.189

Keywords:

Desain Kemasan, Produk Pangan

Abstract

Kemasan bagi produk utamanya produk pangan bukan hanya berperan sebagai pelindung produk yang dikemasnya namun juga berperan sebagai sarana promosi dan pencantuman informasi mengenai identitas produk. Salah satu cara sederhana dalam meningkatkan nilai tambah atau nilai jual suatu produk adalah dengan memiliki desain kemasan yang tidak hanya aman bagi produknya namun juga menarik minat konsumennya. Seorang pendesain kemasan pangan tidak hanya menguasai nilai seni, tata letak dan komposisi layaknya seorang designer pada umumnya namun paham menganai filosofi warna, bentuk dan simbol yang digunakan serta karakteristik fisik, biologi dan kimia dari produk ataupun kemasannya. Ilmu dasar ini sebaiknya dipahami dan dikuasai oleh para pengusaha muda yang ingin merintis bisninya utamanya di bidang bisnis kuliner.

Mengingat pentingnya peran desain kemasan bagi nilai jual suatu produk utamanya produk pangan, kami mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya desain kemasan terhadap peningkatan nilai jual produk pangan sehingga kelak baik calon pebisnis ataupun yang telah menjadi pebisnis dapat memanfaatkan informasi ini dan menerapkannya dalam pengembangan bisnis mereka.

References

A.A Gde Rai Remawa, Puslitdes ISI Denpasar/Ddo Bali, Makalah berjudul “Desain Kemasan Produk Makanan”. yang disampaikan pada Pelatihan Desain Kemasan Makanan di Desa Dangin Puri Kaja, Denpasar, 4 Desember 2009.

Arntson, Amy E. Graphic Design Basics. Holt, Reinhart and Winston, Inc., Orlando, 1988.

Cenadi, Christine S. Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Nirmana volume 1 nomor 1, Unversitas Kristen Petra, Surabaya, 1999.

Cotton, Bob. The New Guide to Graphic Design. Phaidon, Oxford, 1990.

E.P. Danger, Selecting Colour for Packaging (Memilih Warna Kemasan), Alih Bahasa Darwis Ishak, Jakarta, Pustaka Binaman Pressindo, 1992.

Holland, DK. Great Package Design – Creating Competitive Edge. Rockport Publishers, Inc., Minnessota, 1992.

Stanton, William J. & Y. Lamarto. Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta, 1988

Wirya, Iwan. Kemasan yang Menjual: Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Downloads

Published

2023-08-29

How to Cite

Julyaningsih, A. H., Irmayani, I., & Hamdani, I. M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Desain Kemasan terhadap Peningkatan Nilai Jual Produk Pangan. Abdimas Singkerru, 3(2), 41-47. https://doi.org/10.59563/singkerru.v3i2.189

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)