Urgensi Komunikasi Bisnis bagi Pelaku UMKM Kota Bandung

Authors

  • Moch Armien Syifaa Sutarjo Universitas Telkom
  • Sri Dewi Setiawati Universitas Telkom
  • Anisa Diniati Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.169

Keywords:

komunikasi bisnis, UMKM, Kota Bandung

Abstract

Untuk dapat bersaing di tengah pesatnya persaingan pasar, para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di kota Bandung harus dapat beradaptasi dan berinovasi, tidak hanya pada produk yang ditawarkan namun juga pada cara produk-produk tersebut dikomunikasikan baik itu dalam bentuk promosi maupun pemasaran. Kendala yang sering dihadapi para pelaku UMKM adalah kurangnya keterampilan mereka dalam melakukan komunikasi dalam hal ini komunikasi dalam konteks bisnis sehingga penjualan tidak maksimal. Berangkat dari kebutuhan tersebut, diperlukan pendampingan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Kota Bandung. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan berkolaborasi dengan Telkom University untuk memberikan pelatihan keterampilan komunikasi bisnis. Kemampuan komunikasi bisnis haruslah dimiliki oleh setiap pelaku UMKM agar dapat mendongkrak promosi dan pemasaran produk-produk mereka. Tim Telkom University hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut. Keterampilan komunikasi bisnis yang baik akan berdampak positif bagi usaha mereka seperti pada promosi dan pemasaran, presentasi produk kepada konsumen, dan komunikasi serta kerjasama dengan investor. Dengan mengikuti program yang diselenggarakan dalam kurun waktu yang ditetapkan, diharapkan dapat memberikan dampak yang positif terutama pada peningkatan keterampilan komunikasi bisnis para pelaku UMKM di Kota Bandung.

References

Amiri, M., & Kulkarni, V.V. (2015). Significance of Communication in Business: Indian Streams Research Journal.

Bisen, V. & Priya. (2009). Business Communication. New Delhi: New Age International (P) Ltd., Publishers.

Setiawati, S. D., Sutarjo, M. A. S., Primasari, I. (2021). Relationship Marketing as a Solution for Culinary SMEs during the Covid-19: International Journal of Innovative Research in Engineering & Multidisciplinary Physical Sciences, 9. https://www.ijirmps.org/research-paper.php?id=882

Downloads

Published

2022-08-05

How to Cite

Sutarjo, M. A. S., Setiawati, S. D., & Diniati, A. (2022). Urgensi Komunikasi Bisnis bagi Pelaku UMKM Kota Bandung. Abdimas Singkerru, 2(2), 86-91. https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.169

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.