Pemberdayaan Pelaku UMKM Dalam Meningkatkan Kompetensi Komunikasi Digital

Authors

  • Sri Dewi Setiawati Universitas Telkom
  • Anisa Diniati Universitas Telkom
  • Moch Armien Syifaa Sutarjo Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.167

Keywords:

public speaking, UMKM, komunikasi

Abstract

Public Speaking bertujuan untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu. Melalui Public Speaking, kita dapat mengetahui pola pemikiran dari seseorang, mengetahui gagasan masa depan seseorang, dan ide-ide luar biasanya. Kita juga dapat mengetahui perubahan seperti apa yang digagas atau direncanakan seseorang. Berdasarkan pemaparan di atas, tentu kita tidak bisa menganggap bahwa teknik berbicara sederhana akan bisa membuat seseorang mampu mempengaruhi, menguasai atau bahkan mempersuasi orang lain untuk suatu kepentingan tertentu. Oleh karena itu, kita perlu dan butuh keterampilan berbicara efektif secara khusus, berupa sikap dan teknik berbicara yang mumpuni agar kita bisa melakukan itu semua, baik dalam penyampaian pesan, mempengaruhi orang, memotivasi, dan lain sebagainya. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan Public Speaking juga harus dimiliki oleh para pelaku usaha mikro dalam mempresentasikan bisnis atau produk mereka kepada para pembeli, investor, hingga pemerintah. Oleh karena itu, kami tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Telkom ingin sepenuhnya mendukung kepada para pelaku usaha mikro di kota Bandung agar dapat melakukan proses komunikasi, dimana mereka dalam keseharaiannya harus menyampaikan pesan agar sampai kepada lawan bicara mereka. Dengan mengikuti program pelatihan pada kurun waktu yang telah ditetapkan, masyarakat sasar akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam mengembangkan keterampilan public speaking dalam presentasi bisnis mereka.

References

Barge, M. S. (2019). Human Communication Motivation, Knowledge and Skill. Journal of Chemical Information and Modeling, 53. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik dan Implikasi Dalam Mendirikan Generasi Muda. Jurnal Pilar, 11(1), 1–13. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/4909

Lestari, C. A., & Dwijayanti, R. I. (2018). Kecakapan Literasi Media di Kalangan Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1). http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2781

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (Eds.) (2009). Encyclopedia of communication theory. (Vols. 1-2). SAGE Publications, Inc., https://dx.doi.org/10.4135/9781412959384

Yodiansyah, H. (2017). Akses Literasi Media Dalam Perencanaan Komunikasi. Jurnal Ipteks Terapan, 11(2), 128. https://doi.org/10.22216/jit.2017.v11i2.966

Downloads

Published

2022-08-09

How to Cite

Setiawati, S. D., Diniati, A., & Sutarjo, M. A. S. (2022). Pemberdayaan Pelaku UMKM Dalam Meningkatkan Kompetensi Komunikasi Digital. Abdimas Singkerru, 2(2), 92-98. https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.167

Issue

Section

Artikel