Pemberdayaan Pelaku UMKM Dalam Meningkatkan Kompetensi Komunikasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.167Keywords:
public speaking, UMKM, komunikasiAbstract
Public Speaking bertujuan untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu. Melalui Public Speaking, kita dapat mengetahui pola pemikiran dari seseorang, mengetahui gagasan masa depan seseorang, dan ide-ide luar biasanya. Kita juga dapat mengetahui perubahan seperti apa yang digagas atau direncanakan seseorang. Berdasarkan pemaparan di atas, tentu kita tidak bisa menganggap bahwa teknik berbicara sederhana akan bisa membuat seseorang mampu mempengaruhi, menguasai atau bahkan mempersuasi orang lain untuk suatu kepentingan tertentu. Oleh karena itu, kita perlu dan butuh keterampilan berbicara efektif secara khusus, berupa sikap dan teknik berbicara yang mumpuni agar kita bisa melakukan itu semua, baik dalam penyampaian pesan, mempengaruhi orang, memotivasi, dan lain sebagainya. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan Public Speaking juga harus dimiliki oleh para pelaku usaha mikro dalam mempresentasikan bisnis atau produk mereka kepada para pembeli, investor, hingga pemerintah. Oleh karena itu, kami tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Telkom ingin sepenuhnya mendukung kepada para pelaku usaha mikro di kota Bandung agar dapat melakukan proses komunikasi, dimana mereka dalam keseharaiannya harus menyampaikan pesan agar sampai kepada lawan bicara mereka. Dengan mengikuti program pelatihan pada kurun waktu yang telah ditetapkan, masyarakat sasar akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam mengembangkan keterampilan public speaking dalam presentasi bisnis mereka.
References
Barge, M. S. (2019). Human Communication Motivation, Knowledge and Skill. Journal of Chemical Information and Modeling, 53. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik dan Implikasi Dalam Mendirikan Generasi Muda. Jurnal Pilar, 11(1), 1–13. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/4909
Lestari, C. A., & Dwijayanti, R. I. (2018). Kecakapan Literasi Media di Kalangan Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1). http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2781
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (Eds.) (2009). Encyclopedia of communication theory. (Vols. 1-2). SAGE Publications, Inc., https://dx.doi.org/10.4135/9781412959384
Yodiansyah, H. (2017). Akses Literasi Media Dalam Perencanaan Komunikasi. Jurnal Ipteks Terapan, 11(2), 128. https://doi.org/10.22216/jit.2017.v11i2.966
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Dewi Setiawati, Anisa Diniati, Moch Armien Syifaa Sutarjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.