Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Flora Dan Fauna Langka Berbasis Android

Main Article Content

Hery Hidayanto
Budiawan Sulaeman
Rinto Suppa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi media pembelajaran pengenalan flora dan fauna langka berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode waterfall model. Model pengembangan perangkat lunak waterfall memiliki enam tahapan, yaitu system enginering (perancangan sistem), analysis (analisis), design (perancangan), coding (pengkodean), testing (pengujian) dan maintenance (pemeliharaan). Aplikasi media pembelajaran pengenalan flora dan fauna langka berbasis android dibangun menggunakan aplikasi unity 3D dan diuji melalui metode Black Box Testing. Dari hasil pengujian menunjukkan 89% nilai usabilitas yang mengindikasikan bahwa penggunaan aplikasi ini dapat meningkatkan pembelajaran siswa TK dalam mengenal flora dan fauna langka, serta ini dapat membantu guru dan orang tua dalam pembelajaran pengenalan flora dan fauna melalui perangkat smartphone.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Hidayanto, B. Sulaeman, and R. Suppa, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Flora Dan Fauna Langka Berbasis Android”, djtech, vol. 3, no. 2, pp. 40-47, Dec. 2022.
Section
Dewantara Journal of Technology Volume 3 No 2

References

Setyabudi, D. R., Isnanto, R., Windasari, I.P. 2015. Perancangan Aplikasi “Dunia Hewan” untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(2).

Gunawan, F. 2015. Aplikasi Game Petualangan Bagi Anak-Anak sebagai Media Pembelajaran Flora dan Fauna di Indonesia. Jurnal Of Information and Technology (J-INTECH) Vol. 3 No. 1.

Kusmana, C., Hikmat, A. 2015. Keanekaragaman Hayati Flora di Indonesia. Jurnal Pengelolaan Sumber daya Alam dan Lingkungan, 5(2): 187-198

Saputra, L. A. H. 2014. Aplikasi Pembelajaran Dan Pengenalan Flora Dan Fauna Untuk Anak Tk Berbasis Android. Skripsi Fakultas Komunikasi Dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nazruddin, S. H. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung

Rosa A.S., Shalahuddin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Penerbit Modula. Bandung.

Safaat H, Nazruddin 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.Informatika Bandung: Bandung.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta.

Sutabri, T. 2012. Analisis Sistem Informasi.Andi. Yogyakarta.

Yuwono, D. T., Fadlil, A. Sunardi, S., 2017. Penerapan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Hama Anggrek Coelogyne Pandurata. KLIK-Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 4(2), 136-145.

Most read articles by the same author(s)