Aplikasi Multimedia Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer dan Simulasi Perakitan CPU (Studi Kasus SMAN 3 Palopo)

Main Article Content

Reskika Febriani
Rinto Suppa
Ahmad Ali Hakam Dani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Komponen Komputer dan Simulasi Perakitan CPU dan mengetahui kualitas dari Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Komponen Komputer dan Simulasi Perakitan CPU. Metode penelitian yang digunakan ialah metode research and development dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Adapun software yang di gunakan dalam perancangan dan pengimplementasi sistem menggunakan Adobe Animate. Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Komponen Komputer dan Simulasi Perakitan CPU meliputi pembahasan materi tentang perangkat keras, perangkat lunak, bagian-bagian komputer disertai latihan soal untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa. Aplikasi telah diujicobakan oleh satu ahli materi dengan memperoleh hasil 80% dengan kategori baik. Ujicoba pengguna dilakukan pada siswa di SMAN 3 Palopo yang berjumlah 30 orang dengan memperoleh hasil 75% dan terletak pada kategori baik.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Febriani, R. Suppa, and A. A. H. Dani, “Aplikasi Multimedia Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer dan Simulasi Perakitan CPU (Studi Kasus SMAN 3 Palopo)”, djtech, vol. 2, no. 2, pp. 40-46, Nov. 2021.
Section
Dewantara Journal of Technology Volume 2 No 2

References

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Mulyanto, Aunur R. 2008. Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 untuk SMK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Etikhodiyah, N.P. 2014. Media Pembelajaran Merakit Komputer Berbasis Adobe Flash CS3 Di SMAN 1 Pakem. S1 Thesis, UNY

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>