Aplikasi Multimedia Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer dan Simulasi Perakitan CPU (Studi Kasus SMAN 3 Palopo)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Komponen Komputer dan Simulasi Perakitan CPU dan mengetahui kualitas dari Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Komponen Komputer dan Simulasi Perakitan CPU. Metode penelitian yang digunakan ialah metode research and development dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Adapun software yang di gunakan dalam perancangan dan pengimplementasi sistem menggunakan Adobe Animate. Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Komponen Komputer dan Simulasi Perakitan CPU meliputi pembahasan materi tentang perangkat keras, perangkat lunak, bagian-bagian komputer disertai latihan soal untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa. Aplikasi telah diujicobakan oleh satu ahli materi dengan memperoleh hasil 80% dengan kategori baik. Ujicoba pengguna dilakukan pada siswa di SMAN 3 Palopo yang berjumlah 30 orang dengan memperoleh hasil 75% dan terletak pada kategori baik.
Article Details
References
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Mulyanto, Aunur R. 2008. Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 untuk SMK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Etikhodiyah, N.P. 2014. Media Pembelajaran Merakit Komputer Berbasis Adobe Flash CS3 Di SMAN 1 Pakem. S1 Thesis, UNY