Analisis RPP Guru Kimia pada Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kompetensi melalui Pengembangan Ranah Afektif
Keywords:
kimia, kompetensi, ranah afektif, RPPAbstract
Perencanaan merupakan salah satu unsur penting pada proses pembelajaran. Perencanaan yang baik umumnya berkontribusi positif pada keberlangsungan proses pembelajaran terutama dari sisi keteraturan. RPP merupakan perangkat perencanaan pembelajaran semester yang disusun oleh guru mata pelajaran. Dengan adanya RPP diharapkan pembelajaran dapat berlangsung optimal dan bermakna. Hasil analisis data menunjukkan bahwa RPP guru kimia yang menjadi sampel pada kegiatan tersebut berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 81,25. Data tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar guru kimia sudah memiliki keterampilan yang baik dalam merancang kegiatan pembelajaran yang akan diterapkan di kelas. Dengan adanya keterampilan awal dalam merancang pembelajaran akan membantu guru dalam mengembangkan, merancang, menganalisis proses pembelajaran, mengevaluasi, dan mampu berkreasi menemukan solusi yang tepat apabila pembelajaran tidak berjalan semestinya. Perencanaan pembelajaran berperan penting dalam menunjang kelancaran proses pembelajaran, dengan adanya perencanaan pembelajaran maka siswa dapat mempersiapkan diri sebelum pembelajaran berlangsung. Kendati demikian, proses pembelajaran sejatinya bersifat fleksibel yang dipengaruhi oleh situasi, kondisi, sarana, prasarana, dan stakeholder pendidikan. Perencanaan pembelajaran yang baik tidak menjamin kebermaknaan suatu proses pembelajaran.
References
Anggriani, W., & Indihadi, D. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Menulis Narasi di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 11-22.
Anisa, F., & Yuliyanto, E. (2017). Analisis faktor yang mempengaruhi pembelajaran kimia di SMA Teuku Umar Semarang. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL.
Anugraheni, I. (2017). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar guru-guru sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205-212. DOI: 10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p205-212
Bariyah, L. (2014). Analisis Kesesuaian RPP Dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru Smpn Di Kabupaten Mojokerto Pada Sub Materi Fotosintesis Dengan Kerikulum 2013. BioEdu, 3(3).
Ernawati, E., & Safitri, R. (2017). Analisis Kesulitan Guru dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 50-58. DOI: 10.24815/jpsi.v5i2.9817
Fatimah, A. T., & Amam, A. (2018). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(2). DOI: 10.30870/jppm.v11i2.3756
Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 melalui Pendidikan dan Pelatihan. Prosiding SENDI_U 2019, 359-364.
Gani, T. (2018). Analisis Kompetensi Guru Kimia dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di SMK SMAK Makassar. Chemistry Education Review (CER), (1), 01-12. DOI: 10.26858/cer.v0i1.3807
Hanifa, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 195-211. DOI: 10.21070/pedagogia.v6i2.939
Herviani, D., & Budiastuti, R. E. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris Mahasiswa Magang di SMA Negeri 9 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1).
Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1). DOI: 10.15575/isema.v3i1.3283
Iksan, M., & Kenedy, J. (2014). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal UNSA Progress, 16(21).
Kamilati, N. (2018). Analisis Komponen Penilaian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai Acuan Pengembangan Kurikulum Diklat Teknis Substantif Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(1). DOI: 10.32729/edukasi.v16i1.440
Lestari, C. A., & Maharani, E. T. W. (2019). Analisis Kompetensi Profesional Guru Kimia terhadap Motivasi Belajar Siswa. EDUSAINTEK, 3.
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). DOI: 10.29303/jppipa.v5i1.171
Maolana, A. D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 953-969. DOI: 10.31004/jptam.v2i5.74
Mehram, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Guru Kimia dalam Menyusun RPP Integrasi Kecakapan Abad-21 dengan Pembimbingan Berkelanjutan pada SMA Binaan Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 6(2), 71-76. DOI: 10.32672/jsa.v7i2
Mubin, H. (2018). Analisis Kompetensi Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Kimia Berbasis Kurikulum 2013 Studi Kasus Di Kelas X Sma Negeri 6 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(2). DOI: 10.29406/ar-r.v6i2.1223
Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(4).
Pradnyantika, L. D., Sudiana, I. K., & Wiratini, N. M. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Negara. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 42-49. DOI: 10.23887/jpk.v2i1.14172
Prastyo, Z. (2016). Analisis Kemampuan Guru dalam Pembuatan RPP Kurikulum 2013 dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga (PJOK) Se-Kecamatan Gununganyar Kota Surabaya (Studi pada Guru PJOK SD Negeri Kelas IV Semester Genap Se-Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(2).
Ratumanan, T. G., & Tetelepta, Y. (2019). Analisis Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Sma Negeri 1 Masohi. JUMADIKA: Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 25-34. DOI: 10.30598/jumadikavol1iss1year2019page25-34
Rikizaputra, R., & Lestari, R. (2018). Analisis Kemampuan Guru Memunculkan Aspek Inkuiri Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Dan Kesesuaian Pada Proses Pelaksanaan Pembelajaran Di Smpit Al-Ittihad Rumbai Tahun Ajaran 2017/2018. Bio-Lectura, 5(2), 129-139. DOI: 10.31849/bl.v5i02.2047
Riska, M., Supendi, D. A., & Agustiani, T. (2019). Analisis Karakteristik Pembelajaran Kooperatif Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Guru Bahasa Indonesia Kelas X Di Sma Negeri Se-Kota Sukabumi. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 28-35.
Sartika, R., & Susanti, D. (2019). Analisis Kesesuaian Rpp Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Akuntansi Dasar Yang Menggunakan Kurikulum 2013 Di Smkn Manajemen Bisnis Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 259-269.
Suciati, R., & Astuti, Y. (2016). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Mahasiswa Calon Guru Biologi. Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta. DOI: 10.15408/es.v8i2.4059
Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165-176. DOI: 10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176
Utami, W., Zen, D., & Madang, K. (2015). Analisis Kesesuaian Langkah-Langkah Pembelajaran Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Biologi Dengan Pendekatan Saintifik Di Sma Yang Telah Menerapkan Kurikulum 2013. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 83-95. DOI: 10.36706/fpbio.v2i1.4726
Vidiarti, E., Zulhaini, Z., & Andrizal, A. (2019). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kurikulum 2013. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2). DOI: 10.18860/jpai.v5i2.5858
Warsiyah, M. (2016). Manajemen Mutu Dalam Pengembangan Kompetensi Guru. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(1), 77-98. DOI: 10.21580/wa.v3i1.874
Wikanengsih, W., Nofiyanti, N., Ismayani, M., & Permana, I. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi terhadap RPP yang Disusun Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Cimahi). P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 106-119. DOI: 10.22460/p2m.v2i1p106-119.170
Winaya, I. K., Suarjana, I. M., & Mahadewi, L. P. P. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013 Kelas IV SD No. 4 Banyuasri. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). DOI: 10.23887/jjpgsd.v3i1.5730
Wulandari, E. (2019). Profil Kemampuan Menyusun Rencana Pembelajaran Saintifik Oleh Calon Guru Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 30-37.
Zahroh, N. (2014). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Akademik. Edu Islamika, 6(2), 257-266.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nelius Harefa, Familia Novita Simanjuntak, Nova Irawati Simatupang, Sumiyati Sumiyati, Elferida Sormin, Leony Sanga Lamsari Purba, St Fatimah Azzahra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.