Bimbingan dan Penyuluhan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Prinsip Layanan Bimbingan dan Konseling

Authors

  • Sutirna Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kamal Prihandani Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

focus group discussion, bimbingan dan konseling, model pembelajaran

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam pengabdian ini melalui Focus Group Discussion dengan tema “Bimbingan dan Penyuluhan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Prinsip Layanan Bimbingan dan Konseling” bagi guru matematika se Wilayah Komisariat Telukjambe Karawang dengan tujuan yang diharapkan adanya perubahan paradigma peserta didik yang negatif terhadap metematika menjadi persepsinya positif, meningkatkan Proses Be;ajar Mengjar Matematika yang menyenangkan, dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik setelah guru matematika mengimplementasikannya. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini digunakan Focus Group Discussion secara langsung untuk memperoleh pengatahuan tentang model pembelajaran tersebut. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat melalui Focus Group Discussion ini adalah (1) Model pembelajaran matematika berbasis prinsip layanan bimbingan dan konseling memiliki kemungkinan besar untuk dapat dilaksanakan di sekolah-sekolah peserta Focus Group Discussion, (2) Model pembelajaran matematika berbasis prinsip layanan bimbingan dan konseling diprediksi akan dapat berdampak dalam meningkatkan prestasi belajarnya, dan (3) Implementasi model pembelajaran matematika berbasis prinsip layanan bimbingan dan konseling dapat dijadikan sebagai bahan untuk penelitian.

References

Depdikbud, T. (2014). Peraturan Menteri. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Bdang Layanan BK di Sekolah. Jakarta, Jakarta, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, T. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Kartadinata, S. (2009). Konseling Lintas Budaya. Bandung: Program Pascasarjana UPI bandung.

Sutirna. (2019). Subject Teacher' perceptions of academic mentoring and counseling service. Couns-Edu The International Journal of Counseling and Education, 129-133.

Sutirna. (2020, Desember 18). https://forms.gle/akQGnMD3Y8C7bjtES. Retrieved from https://forms.gle/akQGnMD3Y8C7bjtES: https://forms.gle/akQGnMD3Y8C7bjtES

UNSIL, H. (2016, Agustus 19). Matematika Ratunya Ilmu. Matematika ratunya ilmu, p. 1.

Downloads

Published

2021-04-04

How to Cite

Sutirna, S., Marlina, R. M., & Prihandani, K. (2021). Bimbingan dan Penyuluhan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Prinsip Layanan Bimbingan dan Konseling. Abdimas Singkerru, 1(1), 8-15. Retrieved from https://jurnal.polidewa.ac.id/index.php/singkerru/article/view/25

Issue

Section

Artikel