Pelatihan Menulis Teks Analisis Dengan Pendekatan PBL (Problem Based Learning) Pada Kelompok Guru MGMP Bahasa Inggris di Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i1.153Keywords:
problem-based learning, MGMP Bahasa Inggris, menulis teks analisisAbstract
Pengajaran menulis akademik di kalangan pelajar SMA masih jarang disentuh, karena itu dipandang perlu menerapkan metode khusus dalam pembelajaran menulis akademik. Selain dengan menajamkan kemampuan berpikir kritis, pembelajaran menulis juga dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah atau PBL. Namun, tidak semua guru bahasa Inggris memiliki keinginan yang kuat dalam menerapkan model tersebut apalagi sebagian mereka tidak memahami konsep dasar PBL terutama dalam kaitannya dengan menulis analisis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami mencoba menawarkan salah satu kegiatan pembekalan atau pelatihan yakni PKM pelatihan menulis teks analisis bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara daring dan dihadiri 9 (sembilan) guru anggota MGMP Bahasa Inggris Ranting Sombaopu, Kab. Gowa. Materi yang diberikan berupa pengenalan umum tentang menulis analisis, pengertian PBL serta pemberian contoh menyusun peta pikiran maupun curah gagasan. Penyuluh berkesimpulan bahwa mitra belum paham dan belum melaksnakan proses PBL di kelas mereka. Dengan demikian materi yang mereka dapatkan dalam PKM kali ini dapat memberikan modal awal penerapan PBL dengan menggunakan pendekatan-pendekatan ilmiah misalnya peta pikiran, curah gagasan serta outline.
References
Elder, L. (2002). The Teacher’s Manual for the Miniature Guide to Critical Thinking for Children. Foundation for Critical Thinking. Dillon Beach, CA.
Facione, P. A. (2013). Critical thinking: what it is and why it counts. Retrieved from http://www.insightassessment.com/CT-Resources/Critical-Thinking-What-It-Isand-Why-It-Counts
Fella, E. V., & Lukianova, N. A. (2015). British Universities: International Students’ Alleged Lack of Critical Thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 215. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.565
Johns, A. (1991). Faculty assessment of ESL student literacy skills: Implications for writing assessment. In Hamp-Lyons (Ed.), Assessing second language writing in academic contexts (pp. 167–179). Norwood, NJ: Ablex Publishing Corporation.
Lipman, M. (1995). Thinking in education. Cambridge: Cambridge University Press.
Halpern, D. F. (1998). Teaching critical thinking for transfer across domains: Dispositions, skills, structure training, and metacognitive monitoring. American Psychologist, 53(4), 449-455.
Tsui, L. (2006). Cultivating critical thinking: Insights from an elite liberal arts college. The Journal of General Education, 55(2), 200-227.
Yuan, H., Kunaviktikul, W., Klunklin, A, & Williams, B. A. (2008). Promoting Critical Thinking Skills Through Problem-Based Learning. Chiang Mai University Journal of Social Science and Humanities, 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Tahir, Andi Sahtiani Jahrir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.