Pelatihan Menulis Teks Analisis Dengan Pendekatan PBL (Problem Based Learning) Pada Kelompok Guru MGMP Bahasa Inggris di Kabupaten Gowa

Authors

  • Muhammad Tahir Universitas Negeri Makassar
  • Andi Sahtiani Jahrir Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i1.153

Keywords:

problem-based learning, MGMP Bahasa Inggris, menulis teks analisis

Abstract

Pengajaran menulis akademik di kalangan pelajar SMA masih jarang disentuh, karena itu dipandang perlu menerapkan metode khusus dalam pembelajaran menulis akademik. Selain dengan menajamkan kemampuan berpikir kritis, pembelajaran menulis juga dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah atau PBL. Namun, tidak semua guru bahasa Inggris memiliki keinginan yang kuat dalam menerapkan model tersebut apalagi sebagian mereka tidak memahami konsep dasar PBL terutama dalam kaitannya dengan menulis analisis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami mencoba menawarkan salah satu kegiatan pembekalan atau pelatihan yakni PKM pelatihan menulis teks analisis bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara daring dan dihadiri 9 (sembilan) guru anggota MGMP Bahasa Inggris Ranting Sombaopu, Kab. Gowa. Materi yang diberikan berupa pengenalan umum tentang menulis analisis, pengertian PBL serta pemberian contoh menyusun peta pikiran maupun curah gagasan. Penyuluh berkesimpulan bahwa mitra belum paham dan belum melaksnakan proses PBL di kelas mereka. Dengan demikian materi yang mereka dapatkan dalam PKM kali ini dapat memberikan modal awal penerapan PBL dengan menggunakan pendekatan-pendekatan ilmiah misalnya peta pikiran, curah gagasan serta outline.

References

Elder, L. (2002). The Teacher’s Manual for the Miniature Guide to Critical Thinking for Children. Foundation for Critical Thinking. Dillon Beach, CA.

Facione, P. A. (2013). Critical thinking: what it is and why it counts. Retrieved from http://www.insightassessment.com/CT-Resources/Critical-Thinking-What-It-Isand-Why-It-Counts

Fella, E. V., & Lukianova, N. A. (2015). British Universities: International Students’ Alleged Lack of Critical Thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 215. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.565

Johns, A. (1991). Faculty assessment of ESL student literacy skills: Implications for writing assessment. In Hamp-Lyons (Ed.), Assessing second language writing in academic contexts (pp. 167–179). Norwood, NJ: Ablex Publishing Corporation.

Lipman, M. (1995). Thinking in education. Cambridge: Cambridge University Press.

Halpern, D. F. (1998). Teaching critical thinking for transfer across domains: Dispositions, skills, structure training, and metacognitive monitoring. American Psychologist, 53(4), 449-455.

Tsui, L. (2006). Cultivating critical thinking: Insights from an elite liberal arts college. The Journal of General Education, 55(2), 200-227.

Yuan, H., Kunaviktikul, W., Klunklin, A, & Williams, B. A. (2008). Promoting Critical Thinking Skills Through Problem-Based Learning. Chiang Mai University Journal of Social Science and Humanities, 2(2).

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Tahir, M., & Jahrir, A. S. (2022). Pelatihan Menulis Teks Analisis Dengan Pendekatan PBL (Problem Based Learning) Pada Kelompok Guru MGMP Bahasa Inggris di Kabupaten Gowa. Abdimas Singkerru, 2(1), 40-47. https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i1.153

Issue

Section

Artikel