Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Filmora
DOI:
https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.152Keywords:
workshop, pembuatan media, video pembelajaran, aplikasi FilmoraAbstract
Pelaksanaan pembelajaran saat ini yang mayoritas dilaksanakan secara daring, sehingga guru dituntut untuk dapat melakukan inovasi dalam pembelajarannya agar menghasilkan pembelajaran yang menarik bagi siswa. akan tetapi masih banyak guru yang tidak menggunakan kreativitasnya dalam menyajikan pembelajaran. Berdasarkan observasi pada kelompok guru SDI Maccini Sombala dimana 80% guru mengalami kesulitan dalam menerapkan media pembelajaran yang menarik dan memudahkan siswa memahami materi yang diajarkan terutama selama pembelajaran daring dilaksanakan. Guru-guru menyadari media berupa video pembelajaran sangat tepat digunakan sebab media ini dapat digunakan secara daring maupun luring, akan tetapi mereka kesulitan untuk membuat media berupa video pembelajaran tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka kegiatan pengabdian ini dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran melalui workshop pembuatan media berupa video pembelajaran menggunakan aplikasi Filmora. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini terdiri atas: tahap persiapan; tahap pelaksanaan yakni memberikan materi pelatihan pembuatan video denga menggunakan aplikasi filmora dilanjutkan dengan workshop pembuatan video secara mandiri oleh guru; tahap pendampingan kinerja; dan tahap evaluasi dan refleksi dari kinerja para guru. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi yang inovatif dan menarik.
References
Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).
Afrianto, A. (2018). Being a professional teacher in the era of industrial revolution 4.0: opportunities, challenges and strategies for innovative classroom practices. English Language Teaching and Research, 2(1).
Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160-180.
Muhammad, A. (2018). Mengenal Filmora, Aplikasi Video Editing yang Ringan dan Powerful. (Online). Tersedia: https://www.luwungdesain.com/2018/03/mengenalfilmora-aplikasi-video-editing.html.
Muslimin, T. P., & Rahim, A. (2021). Penerapan Metode BERUASA untuk Meningkatan Minat Siswa Khususnya Dalam Pembelajaran PKn Pada Kelas VI SDI Maccini Sombala. Jurnal Sinestesia, 11(2), 118-123.
Nasution, Z., Jati, A. K. N., & Setia, S. (2019). Pelatihan Etika Berbahasa Bagi Siswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi di Media Sosial. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 117-128.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.
Rokhmania, N., Dewi, N. H. U., & Almilia, L. S. (2019). Pendampingan Guru Dalam Rangka Pengelolaan Keuangan Melalui Pelatihan ‘Yuk Nabung Saham’. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 155-162.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Titik Pitriani Muslimin, Abdul Rahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.