Roadshow 80 Tahun Teknik Kimia Indonesia: Presentasi Pendidikan Teknik Kimia dan Bidang Karir Alumni Kepada Para Guru Kimia Sekolah Menengah Atas/Kejuruan

Authors

  • Joni Agustian Universitas Lampung
  • Lilis Hermida Universitas Lampung
  • Elida Purba Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.141

Keywords:

pendidikan teknik kimia, guru kimia SMA/K, kurikulum pendidikan, karir alumni teknik kimia

Abstract

Dalam empat tahun terakhir, persentase jumlah mahasiswa wanita di Jurusan Teknik Kimia Universitas Lampung adalah 55-70%, sehingga dipandang perlu untuk memperbesar jumlah mahasiswa pria dikarenakan bidang karir utama lebih didominasi tenaga kerja pria yang dipandang lebih mampu dan kuat untuk bekerja shift di industri manufaktur yang umumnya beroperasi secara kontinyu. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan masukan kepada para calon mahasiswa pria dan wanita melalui para guru kimia SMA dikarenakan latar belakang para guru yang mayoritas berasal dari Jurusan/Program Studi Pendidikan Kimia yang berada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk daring di Universitas Lampung. Evaluasi awal dan akhir pelatihan memperlihatkan adanya peningkatan pemahaman para guru terkait dengan bidang ilmu pendidikan teknik kimia.

References

Wikipedia (2001). diakses pada tanggal 20 September 2021. https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_kimia

CCED. (2017). Tracer Study PS Teknik Kimia 2017. FT Unila

CCED. (2018). Tracer Study PS Teknik Kimia 2018. FT Unila

CCED. (2019). Tracer Study PS Teknik Kimia 2019. FT Unila

CCED. (2020). Tracer Study PS Teknik Kimia 2020. FT Unila

Charpentier. (2007). Modern Chemical Engineering in the Framework of Globalization, Sustainability, and Technical Innovation. Ind. Eng. Chem. Res. 46, 3465-3485

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Agustian, J., Hermida, L., & Purba, E. (2022). Roadshow 80 Tahun Teknik Kimia Indonesia: Presentasi Pendidikan Teknik Kimia dan Bidang Karir Alumni Kepada Para Guru Kimia Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Abdimas Singkerru, 2(2), 66-74. https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.141

Issue

Section

Artikel