Pendampingan Penyusunan Analisis Tes di SD Negeri 156 Wonosari

Authors

  • Jusrianto Jusrianto Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Abdul Zahir Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Haspidawati Nur Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Daniel Parubang Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i1.123

Keywords:

penyusunan tes, analisis tes, guru

Abstract

Program ini bertujuan agar guru peserta pelatihan memiliki pengetahuan dan kemampuan melakukan analisis terhadap tes yang sudah disusun. Kegiatan pelatihan ini dibagi ke dalam empat sesi yaitu sesi persiapan, sesi teori, studi kasus dan sesi pengolahan data. Dalam sesi persiapan, guru diberikan software Anates untuk di-install dalam laptop masing-masing (bagi guru yang membawa laptop). Selanjutnya pemaparan materi tentang evaluasi pembelajaran, penilaian autentik, teori tes, penyusunan tes, analisis tes, dan pengenalan software Anates. Hasil pelaksanaan pengabdian secara umum sudah berjalan dengan baik. Pelatihan diikuti aktif oleh 11 orang guru. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan adanya peningkatan aspek kognitif dan psikomotorik guru dalam menyusun dan menganalisis tes.

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jusrianto, J., Zahir, A., & Megawati, M. (2018). Analisis Kualitas Tes Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengetahuan Komputer. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 1(1), 1-9.

Zahir, A., Nur, H., Jusrianto, J., Hidayat, W., & Parubang, D. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Elektronika Digital melalui Tes Formatif, Sumatif, dan Remedial. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 122–129. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.13

https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/0740D783BDF56FAA0115 (diakses pada tanggal 8 Juli 2021)

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Jusrianto, J., Zahir, A., Nur, H., & Parubang, D. (2022). Pendampingan Penyusunan Analisis Tes di SD Negeri 156 Wonosari. Abdimas Singkerru, 2(1), 19-22. https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i1.123

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)