Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Berbasis TIK Guna Meningkatkan Profesionalisme Guru
DOI:
https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i1.120Keywords:
pelatihan, PTK, TIK, guru, daringAbstract
Pelatihan pembuatan penelitian tindakan kelas sangat penting untuk guru-guru yang berada di Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman para guru untuk membuat penelitian tindakan kelas, padahal apaila dilihat dengan lebih mendalam penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang mudah untuk dilaksanakan. Hal ini dikarenakan penelitian langsung pada proses pembelajaran yang ada di sekolah. Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang tujuannya adalah memperbaiki proses belajar mengajar di kelas, sehingga hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai dan pembelajaran dapat lebih berkualitas. Tahapan yang dilakukan pada kegiatan ini adalah 1) Identifikasi kebutuhan masyarakat; 2) Perancangan; 3) Pelaksanaan; 4) Penerapan; dan 5) Evaluasi dan Tindak Lanjut. Hasil kegiatan menyatakan bahwa: 1) Adanya peningkatkan pemahaman guru terkait penyusunan proposal PTK dengan kriteria sangat baik adalah 84% dan baik 16%. 2) Adanya peningkatkan kompetensi guru untuk membuat laporan PTK dengan kriteria sangat baik 75%, baik 19% dan cukup baik 6%.
References
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Dasmaniar (2018). Survey Tentang Masalah-Masalah Yang Dihadapai Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Inuman. Jurnal PAJAR, 1, pp. 65–75.
Ju, J. et al. (2020). Covariance structure analysis of health-related indicators in the elderly at home with a focus on subjective health. Journal of Chemical Information and Modeling, 43(1), p. 7728. Available at: https://online210.psych.wisc.edu/wp-content/uploads/PSY-210_Unit_Materials/PSY-210_Unit01_Materials/Frost_Blog_2020.pdf
Muslich, M. (2009). Melaksanakan PTK itu mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), pp. 23–33.
Pujawan, K. A. H., & Restami, M. P. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Guru Kecamatan Busungbiu. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 1(2), p. 18. https://doi.org/10.31764/jpmb.v1i2.458.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Mappesona,3(2).
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), pp. 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.
Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(2), pp. 269–283.
Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P. and Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), pp. 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ibadullah Malawi, Ninik Srijani, Endang Sri Maruti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.