Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Berbasis TIK Guna Meningkatkan Profesionalisme Guru

Authors

  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun
  • Ninik Srijani Universitas PGRI Madiun
  • Endang Sri Maruti Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i1.120

Keywords:

pelatihan, PTK, TIK, guru, daring

Abstract

Pelatihan pembuatan penelitian tindakan kelas sangat penting untuk guru-guru yang berada di Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman para guru untuk membuat penelitian tindakan kelas, padahal apaila dilihat dengan lebih mendalam penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang mudah untuk dilaksanakan. Hal ini dikarenakan penelitian langsung pada proses pembelajaran yang ada di sekolah. Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang tujuannya adalah memperbaiki proses belajar mengajar di kelas, sehingga hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai dan pembelajaran dapat lebih berkualitas. Tahapan yang dilakukan pada kegiatan ini adalah 1) Identifikasi kebutuhan masyarakat; 2) Perancangan; 3) Pelaksanaan; 4) Penerapan; dan 5) Evaluasi dan Tindak Lanjut. Hasil kegiatan menyatakan bahwa: 1) Adanya peningkatkan pemahaman guru terkait penyusunan proposal PTK dengan kriteria sangat baik adalah 84% dan baik 16%. 2) Adanya peningkatkan kompetensi guru untuk membuat laporan PTK dengan kriteria sangat baik 75%, baik 19% dan cukup baik 6%.

References

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Dasmaniar (2018). Survey Tentang Masalah-Masalah Yang Dihadapai Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Inuman. Jurnal PAJAR, 1, pp. 65–75.

Ju, J. et al. (2020). Covariance structure analysis of health-related indicators in the elderly at home with a focus on subjective health. Journal of Chemical Information and Modeling, 43(1), p. 7728. Available at: https://online210.psych.wisc.edu/wp-content/uploads/PSY-210_Unit_Materials/PSY-210_Unit01_Materials/Frost_Blog_2020.pdf

Muslich, M. (2009). Melaksanakan PTK itu mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), pp. 23–33.

Pujawan, K. A. H., & Restami, M. P. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Guru Kecamatan Busungbiu. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 1(2), p. 18. https://doi.org/10.31764/jpmb.v1i2.458.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Mappesona,3(2).

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), pp. 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(2), pp. 269–283.

Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P. and Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), pp. 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Malawi, I., Srijani, N., & Maruti, E. S. (2022). Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Berbasis TIK Guna Meningkatkan Profesionalisme Guru. Abdimas Singkerru, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i1.120

Issue

Section

Artikel