Penggunaan Perangkat Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin di SMKN 2 Palopo
Main Article Content
Abstract
Perencanaan Pengajaran merupakan satuan pemikiran yang disusun oleh guru sebelum melakukan pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam menjalalankan pembelajaran dengan sistematis dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan Perangkat pembelajaran di sekolah menengah kejuruan dan seberapa jauh pengaruh yang diberikan terhadap hasil belajar siswa. Data bersumber dari siswa dengan menggunakan angket melalui platform google form dan mengumpulkan hasil belajar siswa. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling setelah melihat apakah informan telah mengikuti pembelajaran dengan perangkat pembelajaran sebelumya. Hasil penelitian menunjukkan Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang rendah antara perangkat pembelajaran (X) terhadap hasil belajar siswa (Y). Perangkat Pembelajaran berpengaruh posistif terhadap Hasil belajar siswa.. Hasil lain juga menunjukkan bahwa semakin tinggi penggunaan perangkat pembelajaran, maka semakin tinggi atau meningkat pula Hasil belajar siswa. Sebaliknya, bila penggunaan perangkat pembelajaran rendah, maka hasil belajar siswa juga semakin rendah. Siswa juga menyatakan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran seperti media pembelajaran bermanfaat dalam membatu siswa memahami serta meningkatkan kreativitas siswa dalam berfikir. Pengembangan serta pemahaman lebih mendalam guru mengenai perencanaan pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan kreativitas guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran lainya.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Perencanaan Pengajaran, Media Pembelajaran
Article Details
References
Arsyad, A. Media Pembelajaran, cetakan kelima. Jakarta: RajaGrafindo Persada.. 2004.
Krisnamurti, T. F. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 65-76. 2017.
Prasetyo ZK, Senam W. Pengembangan perangkat pembelajaran sains terpadu untuk meningkatkan kognitif, keterampilan proses, kreativitas serta menerapkan konsep ilmiah peserta didik SMP. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. 2011.
Liu, Y., Baker, F., He, W., & Lai, W. Development, assessment, and evaluation of laboratory experimentation for a mechanical vibrations and controls course. International Journal of Mechanical Engineering Education, 0306419018778040. 2018.
Putri, S. D., & Citra, D. E. Problematika Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49-55. 2019.
Sukmadinata, N. S., & Muchlis. Pengembangan kurikulum: teori dan praktik. PT Remaja Rosdakarya. 2000.
Idrus, M., & Sosial, M. P. I. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Erlangga. 2009.