Desain Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Desktop
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam memiliki kelebihan siswa dan guru memiliki media selain buku dalam proses belajar mengajar, selain itu juga dapat melihat mekanisme proses pencernaan melalui video yang ada dalam media pembelajaran ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Reseacrh and Development (R&D), adapun produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran ilmu pengetahuan alam sekolah dasar, sedangkan untuk model pengembangan yang digunakan adalah waterfall dengan 5 (lima) tahapan, diantara: (1) requirement; (2) design; (3) implementation; (4) verification; dan (5) maintenance. Berdasarkan hasil pengujian fungsional, pengujian ahli media dan ahli materi dengan memperhatikan beberapa aspek penilaian maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis desktop dapat digunakan dan sesuai dengan yang di harapkan.
Article Details
References
Mifta, M, Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa, Jurnal Kwangsan Vol. 2 Nomor 1, Nopember 2014
Nurrita, T, Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Misykat, Volume 03, Nomor 01, Juni 2018
Wahid, A, Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar, Jurnal Istiqra Volume V Nomor 2 Maret 2018.